Lampu Remote Untuk Penerangan Ruang (Revisi)

on Kamis, 28 Februari 2013

Mengingat Beberapa kelemahan lampu remote untuk penerangan ruang yang terjadi dilapangan ketika dipergunakan, maka pada postingan kali ini merupakan revisi dari lampu remote sebelumnya, kekurangan itu diantaranya adalah tidak mampu dioperasikan dengan baik pada sumber tegangan listrik ac dari Disel, kemungkina ini terjadi karena listrik ac dari disel tidak stabil sering drop tegangan atau juga faktor daya juga rendah, berikutnya adalah umur lampu remote tidak bertahan lama hanya dapat bertahan beberapa bulan saja, Ini terjadi kemungkinan penggunaan kontrol lampu memakai SCR.yang kurang maksimal. Meskipun demikian saya harus mengakui keunggulannya yang saya rasakan adalah lampu remote ini dapat dioperasikan dengan menggunakan sembarang remote control. Dengan demukian ketika kita menggunakan lampu remote ini, misal ditempatkan di ruang keluarga, maka pada saat bersamaan  ketika sedang menonton televisi di tengah malam biasanya dirasakan aras-arasen bangun untuk memadamkan lampu, maka hanya dengan mengarahkan remote control televisi ini ke arah lampu, "klik" padamlah lampu tersebut. weeh jos tenan...Hmm. praktis


Bagian yang direvisi pada lampu remote ini adalah di bagian catu daya yang semula menggunakan switching, sekarang sudah diperbaharui, hasilnya Jos Gandos....tambah Top Markotop. Tenan. Berikutnya pengendali SCR diganti dengan kontak manual saja, yantu menggunakan kontak relay DC12V. Dua bagian utama ini setelah dilakukan revisi, dengan bangga saya katakan mampu mengatasi permasalahan di atas.

Ini dia hasil penampakannya.




Skema Rangkaian Penerima Remote Control




27 komentar:

elva wiana mengatakan...

gan,boleh pesen g rangkaiannya yg dh jadi. . .hargax brpa.q mw rakit sndri tp q blm paham elktrnk.trs jg komponenya da yg susah didpt.

Unknown mengatakan...

wah unik ya .. klo bisa d pesan , berapaan mas ? ?

brother mengatakan...

minta daftar komponen nya mas, untuk catu daya dan kontrol sirkuit

hary prasetyo mengatakan...

mas dri karyanya bagus sekali, mau beli berapa harganya? tolong email ke harypra@gmail.com
thanks

Unknown mengatakan...

rangkaian suplynya mana mas??

Anonim mengatakan...

maaf..
ini karya ciptanya siapa ya mas??
di google kok banyak bertebaran skema perssiiiss di atas..
terimakasih..

Java Electronic mengatakan...

untuk regulator simple aja kita lihat aja raket nyamuk kan sama persis wkwkwkwkwkwkwk salam

SAM'UN IBNUL MUROD mengatakan...

sya ter tarik jadinya ja...harganya brapa yah tlng email ke samunibnulmurod@yahoo.com

Muhammad Adiramadoni mengatakan...

Klo pke TSOP 34838 bisa gak..? bales mas ke Email saya
Ramadonim@gmail.com

Eno mengatakan...

sebnernya catu dayanya make brp volt boz? 5v / 12v ? thankz

Anonim mengatakan...

Bos,saya sangat tertarik dg lampu remote di atas,bs mt tlong dikrm ke email saya "artaiwayan@yahoo.com" skma,rangkaian dan jng lupa krm juga harga yg udah jd,saya pengen blajar elektro,mohon pencerahannya,trmks bnyk sblmnya,

Unknown mengatakan...

kk saya boleh minta layout dan dafar komponennya
klo bisa kirim ke email saya ya : m.zumajaya@gmail.com

Ali akbar'hatairatanakol mengatakan...

Boleh..
Ntar saya kirim layout beserta format nya ke anda..
Tp saya ga' punya email.. Cmna tu.. Haha

Anonim mengatakan...

remote nya pakai apa ya??? sembarang remote tv bs kah??? dan tombol yg ditekan yg mana??

Unknown mengatakan...

Maaf klo rangkaiannya ini bisa gk pke foto transistor IRnya seri lain apa aja?

Unknown mengatakan...

maaf saya ingin memberi masukan,,,
sebenarnya dengan cara lampu bisa dikontrol dengan semua tombol itu bukanlah suatu kelebihan, namun hanya sebatas koneksi biasa yang menggunakan frekuensi carrier dari remot tv (umumnya 38Khz), inilah sebabnya semua tombol bahkan semua remot yang memakai frekuensi 38 Khz bisa menswitch lampu tsb..
jika bisa mensetting protokol sehingga lampu tersebut hanya bisa dikendalikan oleh tombol tertentu dan remot tertentu..itulah yang namanya suatu kelebihan ... :)
setting protokolnya hanya disisi receiver..
bisa memakai arduino atau mikrokontroller lain
thanks

ivan Al Musaffier mengatakan...

brp hrg rangkaian yg udh jd? mhon info ke email : abangsavana@yahoo.com
trm ksh sblum ny gan...

Anonim mengatakan...

Mantab Gan... Sekedar uneg-uneg Gan, kalo bisa digabungkan dengan teknologi GSM maupun 3G/HSDPA sehingga nantinya lampu bisa di Remote dari luar kota menggunakan HP ataupun Smartphone... hehehe. Ditunggu revisi berikutnya Gan... Selamat berinovasi...

huda cs mengatakan...

brp hrg rangkaian yg udh jd? mhon info ke gmail :: hkoplak84@gmail.com

muhammad mengatakan...

gan saya mau pesan rangkaian akau kit lampu remo kontrolnya berapa harganya?

Unknown mengatakan...

ane pesen gan

Unknown mengatakan...

Mas kalau boleh saya mou pesen....
Trus gimana saya bisa dapet pesenan nya

Unknown mengatakan...

Mas kalau boleh saya mou pesen....
Trus gimana saya bisa dapet pesenan nya

supriansyah2425 mengatakan...

bisa tau harga nya berapa..........?

kirim di emaiku.....supri@telemedia.co.id

Asrul Ramadhan mengatakan...

mas, layoutnya bisa dikirim ke email saya ?

multimediaaja mengatakan...

menarik...salut ide2 nya..

Unknown mengatakan...

Irnya pake aja vs1838, tinggal cocokin kaki kakinya mana yang out, vcc dan gnd. Barang ini banyak di pasaran dan harganya lebih murah.

Posting Komentar